Berita

Buka Lomba Senam Lansia, Sheila Harapkan Lansia di OKU Timur Sehat dan Produktif

×

Buka Lomba Senam Lansia, Sheila Harapkan Lansia di OKU Timur Sehat dan Produktif

Sebarkan artikel ini

OKU Timur – Lansia itu Pasti, Hidup Sehat adalah Pilihan, Mari Wujudkan Lansia yang Sehat. Begitulah kalimat yang sering menjadi motivasi bagi orang-orang pada usia lanjut. Oleh karena itu, TP. PKK OKU Timur terus memberikan perhatian dan sentuhan kepada masyarakat khususnya usia lanjut.

Bertempat di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur, Tim Penggerak PKK bekerja sama dengan Dinas Kesehatan mengadakan Lomba Senam Lansia Tingkat Kabupaten OKU Timur Tahun 2022 dan dibuka langsung oleh Ketua TP. PKK OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes.

Turut hadir dalam pembukaan lomba senam tersebut, Wakil Ketua TP. PKK OKU Timur, Nur Inayah, S.Pd., Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pemuda & Olahraga, serta Pengurus TP. PKK OKU Timur.

Lomba Senam Lansia Tingkat Kabupaten OKU Timur ini mengusung tema “Lansia Sehat Lansia Bahagia” yang bermakna semangat para lansia untuk terus hidup sehat dan selalu bahagia. Lomba senam ini diikuti oleh 20 Tim dari masing-masing Kecamatan di OKU Timur.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Elwana, SKM nengatakan, “Tujuan Lomba Senam Lansia ini yaitu untuk meningkatkan peran aktif para lansia agar tetap sehat, bugar dan bahagia. Adapun peserta terdiri dari 20 Tim yang berasal dari 20 Kecamatan di OKU Timur” jelasnya.

Dalam pidatonya, Ketua TP. PKK OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. menyampaikan, “Melalui kegiatan ini semoga kita dapat mewujudkan lansia sehat, lansia kuat, dan produktif di usianya. Kemudian kita saling mengingatkan untuk selalu meningkatkan ketaqwaan & ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kesehatan yang kita dapat adalah Anugerah-Nya”. Ungkapnya.

Masih menurut dr. Sheila, “Tak lupa juga saya mengingatkan untuk terus menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi ini. Kemudian siapa bilang lansia hanya diam dan malas gerak. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan pada usia lanjut, seperti bercocok tanam dan mengikuti olahraga rutin seperti senam ini. Terima kasih kepada segenap panitia yang telah bekerja keras dalam menyukseskan kegiatan ini” ungkapnya.

Dalam petunjuk teknisnya Diana selaku Dewan Juri menyampaikan, “Penilaian mulai dari Administrasi, kriteria umur yaitu harus 50 tahun ke atas, kemudian menggunakan seragam tim, durasi waktu kurang lebih 14 menit mulai dari pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Lalu Kekompakan tim dan keberanian dalam gerakan atau tidak ragu-ragu” jelasnya.(ril)