Polisi Siapkan Rekayasa Lalin Jelang Demo Buruh

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan. (Foto: Ist)

Jakarta – Berdasarkan informasi dari kepolisian, dua lokasi yakni Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan Gedung MPR/DPR RI, akan dijadikan tempat berujuk rasa sejumlah elemen buruh dan mahasiswa pada Sabtu, (21/5/2022).

“Jadi ada dua tempat di (depan gedung) DPR dan (kawasan) Patung Kuda,” ujar Kompol Purwanta, Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat.

Menurut Purwanta, peserta unjuk rasa di kawasan Patung Kuda diperkirakan sekitar 1.500 orang berkumpul. Sementara di depan gedung DPR/MPR jumlahnya hanya ratusan.

“Rencana jam 11 siang massa akan berdatangan,” jelasnya kepada wartawan.

Purwanta menjelaskan, kepolisian telah menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di dua lokasi tersebut. Namun, sifatnya situasional tergantung situasi yang terjadi pada saat aksi berlangsung.

“Untuk persiapan sudah dilaksanakan sementara. Kalau tidak mendesak tidak ada penutupan atau pengalihan arus seperti biasa saja,” tukasnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengingatkan peserta unjuk rasa mematuhi undang-undang yang berlaku.

“Tentunya kami mengimbau kepada semua elemen yang mau menyampaikan pendapat di muka umum sebagaimana diatur Nomor 9 tahun 1998 tentunya juga harus menjaga ketertiban umum dan ruang publik yang lain,” ungkap Zulpan.(*/pmjnews)