Pemkab Tanggamus Serahkan Motor dan Gerobak Sampah Untuk Kelurahan

Tanggamus – Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas Lingkungan Hidup, menyerahkan satu unit alat angkut sampah kendaraan motor roda tiga (Tosa) dan gerobak sampah sebanyak 4 unit di kantor Kelurahan Pasar Madang, Kecamatan Kota Agung, selain itu sekaligus melaunching pengiriman perdana sampah terpilah oleh Bank Sampah Mutiara. Selasa, 02 Agustus 2022.

Bantuan berupa peralatan angkut sampah tersebut, diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah Lubis dan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanggamus Kemas Amin Yusfi, Sekretaris DLH Rahman, Sekcam Kota Agung Adi Putra, Lurah Pasar Madang Dede Candra, Ketua Bank Sampah Induk Masrodi, pengurus Bank Sampah Mutiara, dan para pengurus pasar Kota Agung.

Dalam arahannya Sekdakab Tanggamus menyampaikan, bahwa setiap orang memproduksi sampah, dan jika sampah dibiarkan dapat menimbulkan berbagai macam masalah diantaranya lingkungan yang kotor, bau dan menimbulkan berbagai macam penyakit, oleh karena itu diharapkan kepada semua lapisan warga masyarakat agar peduli dan bertanggung jawab dalam mengatasi masalah ini.

“Data dinas LH, bahwa kota agung pusat termasuk kategori kota kecil dengan timbulan sampah di kisaran 2,5 – 2,75 liter/orang/hari dengan porsi yaitu 75% sampah pemukiman dan 25% sampah non pemukiman,” ucap Sekda.

Dan berkaitan dengan hal tersebut, Sekdakab Tanggamus mengharapkan agar semua pihak lebih serius dalam menangani permasalahan sampah terutama untuk sampah rumah tangga atau jenis sampah lainnya, sebagaimana di dalam undang-undang nomor 10 Tahun 2008 mengamanatkan, upaya pengelolaan persampahan meliputi kegiatan pengurangan serta penanganan sampah.

Kegiatan pengurangan sampah antara lain pembatasan timbulan sampah, pendaur ulang sampah, pemanfaatan kembali sampah, dalam hal ini pemerintah daerah sangat mengharapkan peran serta masyarakat untuk ikut andil dengan cara salah satunya adalah membentuk Bank Sampah.

“Kita memberikan apresiasi semangat untuk masyarakat Kelurahan Pasar Madang, yang telah membentuk Bank Sampah “MUTIARA” dan hari ini akan melakukan launching pengiriman perdana sampah terpilah ke bank sampah Induk Tanggamus.Kegiatan penanganan sampah meliputi pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemrosesan sampah. Salah satu partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini adalah dengan membentuk SOKLI (Satuan Operasional Kebersihan Lingkungan) di setiap Kelurahan/Pekon,”ujar pria yang kerap disapa Lubis tersebut.

Sementara itu Lurah Pasar Madang Dede Candra mengungkapkan, pihaknya telah menerima satu unit motor roda tiga yang diperuntukkan bagi pengurus Bank Sampah Mutiara Kelurahan Pasar Madang, sedangkan 4 unit gerobak sampah akan diserahkan kepada pengurus sokli di Pasar Kota Agung.

Selain itu, di bentuknya pengurus Bank sampah Mutiara di Kelurahan Pasar Madang, bertujuan guna mengurangi berbagai jenis sampah khususnya di daerah pesisir, apa lagi kelurahan pasar madang yang terdiri dari 17 RT/lingkungan, dimana terdapat beberapa wilayah RT terletak atau berdekatan langsung dengan pesisir pantai maupun sungai.

” Kita akan terus berupaya mengajak semua masyarakat lingkungan di Kelurahan Pasar Madang agar peduli dan bertanggung jawab minimal di lingkungan mereka masing-masing dari sampah. Ini merupakan launching perdana pelepasan sampah plastik kurang lebih 2 ton, dalam hal ini bank sampah Mutiara telah bekerjasama dengan Bank sampah induk yang ada Pedukuhan Way Som di Pekon Kota Agung Kampung. Mudah-mudahan kedepan melalui program ini kita bisa meminimalisir sampah-sampah yang ada di pesisir laut maupun sungai,”pungkas Dede Candra.***

Lihat Video :