Berita

Meringati HAKORDIA 2022 DPD GMPK Muara Enim Gelar Pelatihan Anti Korupsi Kades & Kepsek Muara Enim

×

Meringati HAKORDIA 2022 DPD GMPK Muara Enim Gelar Pelatihan Anti Korupsi Kades & Kepsek Muara Enim

Sebarkan artikel ini
hakordia 2022

Muara Enim, Proletarmedia.com – Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) merupakan momentum seluruh pemangku kepentingan dalam membangun kesadaran dan semangat perlawanan terhadap korupsi melalui pendekatan humanis dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan konstruktif.

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) dalam momentum HAKORDIA tersebut bersinergi dengan Pemkab Muara Enim, c.q Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Muara Enim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim, menyelenggarakan Pelatihan Anti Korupsi Kades & Kepsek Kabupaten Muara Enim dengan tema “Optimalisasi Spirit Kebangsaan dalam Implementasi Pemberantasan Korupsi Menuju Kabupaten Muara Enim Tanpa Korupsi”

Kegiatan keempat kalinya itu tentunya memberikan penguatan kapasitas para Kades dan Kepsek di Kabupaten Muara Enim, dalam mewujudkan Kabupaten Muara Enim Tanpa Korupsi, dengan menghadirkan nara sumber bekompeten, dalam hal ini Guru Besar Hukum Universitas Bhayangkara Jaya, dan sejumlah Perguruan Tinggi di Jakarta, Prof. Dr. Juanda, S.H, M.H., Ketus Dewan Pengawas DPD GMPK Muara Enim yang juga mantan Staf Ahli Gubernur Lemhanas RI, Brigjen Marinir (Purn) Bastian Umar, termasuk pihak Inspektorat Muara Enim, Kejari Muara Enim, dan Polres Muara Enim.

Selain itu, dengan kegiatan tahunan ini diharapkan dapat meningkatnya nilai-nilai spirit kebangsaan para Kades dan Kepala Sekolah sebagai upaya edukasi dalam pencegahan tindak pidana korupsi; menunjang terciptanya Budaya Tertib Hukum agar para Kades dan Kepala Sekolah agar tidak terjerat dalam tindak pidana korupsi, dan menggelorakan kampanye Anti Korupsi di Kabupaten Muara Enim yang sedang dirundung keprihatinan, akibat kasus korupsi yang menimpanya.

Kegiatan yang diikuti sekitar 100 Kades dan Lurah, serta 90 an Kepsek SD dan SMP Negeri dan Swasta ini digelar di Gedung Kesenian Dayang Ribu, Muara Enim, Selasa (20/12/2022).

“Kepala Desa (Kades) dan kepala Sekolah (Kepsek) merupakan komponen penting dalam mengelola, memberdayakan dan memajukan sumber daya manusia SDM), yang pada akhirnya akan mampu menggerakkan roda pembangunan yang memiliki kesadaran akan pemahaman spirit otonomi bagi seluruh penggerak warga Desa dan anak didik dalam mewujudkan visi Kabupaten Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera, yang tentunya juga Tanpa Korupsi,” ujar Ketua DPD GMPK Kabupaten Muara Enim, Ir. Bagus Syani Kasbie Dj, MBA dalam siaran persnya.

( Deni Febriando )