Mau Beli iPhone Bekas? Ikuti Tips Berikut Ini

Palembang – Salah satu cara yang biasa ditempuh untuk mendapatkan iPhone dengan harga terjangkau adalah dengan membeli versi bekasnya.

Kamu boleh saja membeli iPhone second namun jangan sampai salah beli ya, ada tips membeli iPhone bekas agar niat bergaya dengan iPhone tidak berbuah bencana.

Saat ingin membeli iPhone bekas, pastinya kamu akan bertanya tanya, apakah iPhone yang akan kamu beli sudah pernah diganti baterainya? Apakah itu adalah iPhone asli atau barang rekondisi? Agar tidak tertipu kita harus pintar-pintar dan teliti saat melihatnya.

Berikut ini tips membeli iPhone bekas agar aman dan tidak tertipu disampaikan oleh Gerry pemilik GJ Cell Palembang.

Cek IMEI iPhone

Setelah searching, dapat barang bagus, jangan lupa baca deskripsi produk yang penjual tulis, dan tanyakan apabila ada yang kurang jelas terkait kelengkapan perangkat. Pastikan komplet dan masih original. Kalau semua informasi yang diberikan sudah cukup, sebelum deal mintalah nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) iPhone tersebut.

Nomor IMEI ini ada di menu Setting > General > About. Coba cek nomor IMEI di laman Apple untuk mengetahui waktu produksi dan sisa masa garansi iPhone tersebut.

Cek Kondisi Fisik

  • Masukkan kartu SIM, cek jaringan seluler dan internet
  • Periksa tombol Home dan responsivitasnya, pastikan masih empuk dan berjalan baik tanpa ada yang aneh. Komponen ini salah satu kelemahan iPhone bekas.
  • Periksa tombol power dan pastikan masih normal saat ditekan.
  • Pastikan earphone, walaupun belum tentu kamu pakai tapi pastikan earphone masih asli dan simpan dengan baik untuk menjaga harga.
  • Cek jackaudio dan pastikan tidak tersendat-sendat.
  • Test speake rdan earphone, pastikan suara yang dikeluarkan normal dan tidak pecah. Jika pecah, bisa jadi telah terkena air atau kerendam.
  • Cek charger dan kabel USB, pastikan berfungsi dan tidak longgar.
  • Pastikan kondisi body iPhone masih mulus

Pastikan baterai bekerja dengan baik

Salah satu masalah yang sering muncul setelah membeli iPhone bekas adalah baterai yang sangat boros. Hal ini akan menyusahkan mengingat kamu pun tak bisa mengganti baterai tersebut. Biasanya iPhone yang telah dipakai lebih dari setahun rentan terhadap masalah ini.

Maka dari itu, sebagai pembeli yang pintar, kamu harus memastikan baterai berjalan dengan baik. Bagaimana caranya? Cukup masuk ke Settings > Battery > Battery Health. Kemudian cek bagian Maximum Capacity. Semakin mendekati angka 100 persen, semakin baik kualitasnya.

Cek iCloud iPhone

Ketika kamu membeli iPhone, wajib untuk mengerti iCloud dan reset di tempat. Untuk mengecek iCloud masih aktif atau tidak, kamu bisa cek melalui Setting > iCloud dan pastikan sudah kosong. Jika masih ada, tanyakan langsung dan minta segera mengeluarkan iCloud-nya berikut juga fitur Find My iPhone. Fitur ini akan memungkinkan iPhone dapat dikendalikan dari jarak jauh. Jadi, mintalah matikan Find My iPhone dan hapus akun.

Perlu kamu ingat, iPhone akan selalu meminta password iCloud di setiap aktivitas penting, contohnya menginstal aplikasi. Jadi langsung saja reset di tempat, masuk ke Setting > iCloud > Find My iPhone dan matikan (akan meminta password iCloud). Kemudian lakukan Erase All Content and Setting di Setting > General > Reset > Erase All Content and Setting.

Selain hal-hal yang telah disebutkan, penting pula untuk memutuskan tempat membeli iPhone bekas. Kamu dapat membeli iPhone bekas berkualitas di GJ Cell yang berada di Jalan Angkatan 45, Komplek Palembang Square Ruko Monik depan Karaoke Afgan, telepon/WhatsApp 0895-63122-2442. GJ Cell selalu menjaga mutu iPhone bekas yang dijual sehingga pelanggan dipastikan mendapatkan unit iPhone dalam kondisi baik.(adv)