Berita

Wabup Banyuasin Pimpin Apel Kasat Satkamling menghadapi Pemilu serentak tahun 2024

×

Wabup Banyuasin Pimpin Apel Kasat Satkamling menghadapi Pemilu serentak tahun 2024

Sebarkan artikel ini


BANYUASIN, PROLETARMEDIA.COM — Wakil Bupati Banyuasin H.Slamet Somosentono menghadiri Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) dirangkaikan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Satkamling. Ini untuk memantapkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa dalam rangka menghadapi pemilu serentak tahun 2024. Apel Satkamling ini digelar di lapangan Apel Mapolres Banyuasin, Rabu 21 Juni 2023.

Wabup H.Slamet selaku pimpinan apel menyampaikan amanat dari Kapolri mengatakan Apel ini untuk melihat kesiap siagaan dan upaya meningkatkan pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang aman kondusif.

Ini juga sekaligus sebagai evaluasi sejauh mana keberhasilan dan sistem mana yang perlu diperbaiki untuk mewujudkan keamanan mandiri.

Satkamling adalah Garda terdepan disetiap lingkungan RT / RW, oleh karena itu kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang Prediktif.

“Keberhasilan dalam menciptakan situasi aman kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat baik yang berupa kelompok Satkamling ataupun kelompok potensi masyarakat lainnya,” Ucapnya.

Selain itu, Wabup H.Slamet berpesan kepada awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma dan etika pelaksanaan tugas, tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisi yang diemban merupakan sebuah kehormatan karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi Polri ditengah masyarakat dan kepada seluruh Bhabinkamtibmas agar bisa menjadi motor penggerak aktivitas komponen masyarakat dalam menciptakan keamanan desa dan lingkungan.

‘’Di tengah keterbatasan personel, maka peran masyarakat juga sangat vital sekali dalam mewujudkan hal itu. Sinergitas antara masyarakat dan Bhabinkamtibmas harus terus ditingkatkan dengan melakukan kegiatan pam swakarsa,’’ Imbuhnya.

Lomba SatKamling dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan warga masyarakat saat melaksanakan ronda malam di tiap-tiap desa sebagai upaya pencegahan gangguan kamtibmas.

Ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba satkamling itu. Namun yang paling penting adalah bagaimana masyarakat faham tugas dan tanggung jawabnya saat melaksanakan ronda malam jika menemui adanya gangguan kamtibmas serta pencegahannya. Ungkap Wabup H.Slamet

Sebagai informasi lomba Satkamling di Kabupaten Banyuasin kali ini dimenangkan oleh:

Juara 1 Satkamling Tanjung lago

Juara 2 Satkamling Mariana

Juara 3 Satkamling Betung