Berita

TJSL PT PLN Nusantara Power UPK Bukit Asam Melaksanakan Program Bantuan Peralatan Pembuatan Produk Jamur

×

TJSL PT PLN Nusantara Power UPK Bukit Asam Melaksanakan Program Bantuan Peralatan Pembuatan Produk Jamur

Sebarkan artikel ini


pewarta : Hairinsyah

Tanjung Enim – Dalam rangka menjalankan amanah Kementerian BUMN tentang Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan), PT PLN Nusantara Power UPK Bukit Asam kembali memberikan bantuan kepada salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Budidaya Jamur Tiram Sumber Ureb di Desa Karang Raja Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan Sebesar Rp. 30.000.000.Jumat (26/5/2023)

Pada acara ini di hadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab Muara Enim Bapak Husin Aswadi, SE, MM beserta Tim, Kades Karang Raja Ibu Oktavianti Am, Keb, Kamtibnas Desa Karang Raja Bapak Sulfi serta BhabinKamtibnas Desa Karang Raja Bapak Marhadi.

Dalam sambutannya, Manager PLN Nusantara Power UPK Bukit Asam Bapak Ince Anjas menyampaikan bahwa sudah sepatutnya PLN selaku Perusahaan milik Negara menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat dan salah satunya adalah diversifikasi produk jamur yang sebelumnya hanya memproduksi jamur tiram mentah untuk dijual. Dengan adanya pembuatan produk jamur tiram seperti bakso jamur, program ini akan meningkatkan daya jual petani jamur dan berdampak pada timbulnya ekosistem jamur tiram yang lebih baik seperti produk oleh-oleh dari jamur tiram yang akan membawa nama Desa Karang Raja khususnya dan Kabupaten Muara Enim pada Umumnya.

Penyerahan bantuan yang dilakukan pada Jumat pagi tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muara Enim Bapak Husin Aswadi, SE, MM beserta Tim. Beliau sangat mengapresiasi terkait kegiatan yang dilakukan oleh PLN Nusantara Power UPK Bukit Asam dalam membina salah satu UMKM yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 2012 dan sudah memiliki kelompok petani jamur ini. Harapannya agar bantuan yang diberikan oleh PLN dapat menjadi penggerak kelompok petani jamur di Tempat lain dan agar tetap berkoordinasi dengan Kabupaten sehingga UMKM ini dapat menjadi percontohan dan dapat memenuhi kebutuhan pangan berbahan dasar jamur tiram di Kabupaten Muara Enim dan bahkan Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam rangkaian kegiatan, Bapak Sumarsono selaku penggerak UMKM Jamur Tiram Sumber Ureb menyampaikan bahwa kedepan UMKM ini akan berkoordinasi dengan BUMDES Karang Raja Kecamatan Muara Enim bersama dengan Kades Karang Raja Ibu Oktavianti Am, Keb untuk pengembangan kelompok dan dapat meningkatkan perekonomian di Desa Karang Raja. Adapun dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Kamtibnas Desa Karang Raja Bapak Sulfi dan BhabinKamtibnas Bapak Marhadi.

Semoga dengan adanya acara ini PT PLN Nusantara Power UPK Bukit Asam dapat selalu memberikan yang terbaik untuk warga sekitar khususnya Desa Karang Raja.