PWPSS Sumsel “Pulang Kampung” Gelar Baksos dan Silaturahmi

Palembang, – Pengurus Persatuan Wanita Palembang Sumatera Selatan (PWPSS) Pusat yang diketuai oleh Ketua Umum Hj Wiwiet Tatung melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka “Pulang Kampung” di kota Palembang dan Ogan Ilir beberapa hari lalu.

Hj Wiwiet Tatung didampingi Ketua PWPSS Perwakilan Palembang, Hj Renny Devi Nasrun dan Wakil Ketua Merry Decki mengatakan PWPSS dalam rangka HUT ke 55 melakukan serangkaian kegiatan ini.

“PWPSS dibentuk oleh para sesepuh masyarakat Sumsel di Tanah Rantau di Jakarta tahun 1967 lalu. Organisasi ini bertujuan untuk mempersatukan keluarga besar ibu-ibu Sumatera Selatan yang tinggal di luar Sumsel. Terbentuk 55 tahun lalu dengan Pendiri ibu Titi Alamsyah Ratu Prawira Negara (istri mantan Menteri Kesra RI) dan Ibu Hj Siti Markona Harun Sohar dengan beberapa teman lain yang ikut mendirikan seperti Ibu Siti Bambang Utoyo,” kata Wiwiet.

Menurutnya, PWPSS dari masa ke masa yang tadinya beberapa orang sekarang sudah bergabung lebih kurang 500 ibu – ibu Sumsel di tanah rantau dan di Palembang. Untuk kepengurusan, di Jakarta telah dibentuk koordinator cabang (Korcab) Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bogor. Selanjutnya, ditambah dengan cabang-cabang di Jakarta Pusat yaitu di Selatan Jakpus, Cabang Utara, Cabang Barat, Cabang Timur dan Cabang DKI. Selanjutnya, ditambah lagi Perwakilan kota Palembang.

Diakui Wiwiet, kiprah PWPSS selama pandemi tetap berjalan namun dengan keterbatasan -keterbatasan. “Kami tetap memberikan bantuan para keluarga yang butuhkan di Jakarta dan sekitarnya berupa bantuan sembako, alat-alat prokes seperti masker, hand sanitizier dan sebagainya. Tahun lalu, sempat ke Palembang dan tahun 2022 ini dalam rangka HUT PWPSS yang jatuh pada bulan Januari, sudah dua kali ke Palembang melaksanakan kegiatan,” tambah Hj Wiwiet.

Rangkaian kegiatan kali ini disebutkannya PWPSS Pusat dan PWPSS Perwakilan Kota Palembang melakukan kegiatan berupa bakti sosial dan silaturahmi.

“Selain melakukan bakti sosial mengunjungi dua panti asuhan di kota Palembang kami juga bersilaturahmi dengan Bapak Gubernur Sumse H Herman Deru beserta Ibu Hj Febrita Lustia Herman Deru selaku Ketua Pembina Utama PWPSS, dan Ibu Hj Fauziah Mawardi Yahya selaku Wakil Ketua Pembina PWPSS. Alhamdulilah, kami mendapat sambutan hangat serta berbagai wejangan dari mereka,” kata Hj Wiwiet yang mengaku sangat berharap bisa bersinergi dengan Pemprov Sumsel dalam rangka menjalankan misi PWP SS sebagai konektor bidang budaya dan kuliner di berbagai kota dan kabupaten di Sumsel.

Menurutnya, selama beberapa hari, kunjungan juga dilakukan ke jajaran Pengurus Bhayangkari Polda Sumsel dan Pemkot Palembang. “Kita juga melakukan audiensi ke Istri Kapolda Sumsel dan istri Wakil Kapolda Sumsel dalam rangka silaturahmi Pengurus PWP SS Pusat dan Perwakilan Palembang. Selanjutnya, silaturahmi juga kita lakukan dengan Hj Silviana Harnojoyo, istri Walikota Palembang yang juga sebagai Ketua PKK Kota Palembang,” ujar Wiwiet seraya menambahkan selama di Palembang juga melakukan serangkaian aktivitas lain seperti kunjungan ke sentra-sentra pengrajin di Palembang dan kegiatan Musi Tour.

Khusus kunjungan ke Kabupaten Ogan Ilir, disebutkan Wiwiet selain juga melakukan bakti sosial yaitu memberikan bantuan sembako kepada para Pekerja Harian Lepas (penyapu jalan), pihaknya juga melakukan kunjungan ke Bupati Ogan Ilir, Panca Mawardi Yahya.

“Alhamdulilah, Bupati Ogan Ilir juga senang atas kunjungan kami dan berharap kiprah PWPSS juga bisa dilakukan di Ogan Ilir. Kita juga sudah ada ancang-ancang membentuk PWPSS di Ogan Ilir sebagai jembatan kami untuk promosikan budaya Ogan Ilir di tanah rantau,” tambah Wiwiet. (*)