Berita

Pengurus Pondok Seni Budaya ANANANGUAI Muara Enim menghadiri undangan Bupati Lahat dan Dewan Kesenian Kabupaten Lahat Dalam rangka Lomba Lagu Daerah Lahat Tahun 2022

×

Pengurus Pondok Seni Budaya ANANANGUAI Muara Enim menghadiri undangan Bupati Lahat dan Dewan Kesenian Kabupaten Lahat Dalam rangka Lomba Lagu Daerah Lahat Tahun 2022

Sebarkan artikel ini

laporan :Deni.f

proletarmedia.com, Lahat
Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022 Dewan Kesenian Kabupaten Lahat mengadakan Lomba Lagu Daerah yang bertema ” Dengan Semangat Hari Pahlawan Kita Tingkatkan Cinta Tanah Air dan Cinta Kebudayaan, Melalui Lomba Lagu Daerah Menuju Lahat Semakin Bercahaya”.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Kabupaten Lahat di Gedung Kesenian Lahat Senin 05/12/2022.

Bapak Safran. S.Ip selaku Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Lahat sekaligus Ketua Pelaksana Dalam sambutannya, menyampaikan
Lomba Lagu Daerah ini diikuti dari Tingkat Pelajar dan Umum dengan Usia 15 – 25 Tahun, dengan jumlah peserta 43 Orang, membawakan lagu Wajib dari Daerah Kabupaten Lahat diantara :

  1. Lagu Dek Sangke (Cipt. A. Qori Ali)
  2. Lagu Umak (Cipt. Oktaza Andesva)
  3. Lagu Ase Ka Dide (Cipt. Taslim Ibrahim)
  4. Lagu Gadis Ngantat (Cipt. Amir Hamzah)
  5. Lagu Anak Umang (Cipt. AK. Zailani)
  6. Lagu Ame Hindu (Cipt. Adhan)
  7. Lagu Ayek Lematang (Cipt. Suwarni Daud)
  8. Lagu Jauh Dirantau (Cipt. Safran)
  9. Lagu Kalangan (Fran Supardi)

Dan lagu daerah lahat lainnya.

Kegiatan Lomba Lagu Daerah ini diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Kabupaten Lahat bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lahat dan beberapa pihak Perusahaan diantaranya PTBA Tbk, PT. BAU, PT. MAS dan Pihak-pihak lainnya.

Masih disampaikan oleh Bapak Safran, Tujuan dari Lomba Lagu Daerah ini adalah agar aset lagu-lagu Daerah Lahat tetap lestari, dikenal dan dicintai masyarakat dari generasi ke generasi.
Memberikan ruang bagi generasi muda Kabupaten Lahat untuk berkompetisi secara sehat dan mengembangkan minat bakatnya di bidang Seni Suara.
Sebagai media merekrut penyanyi lagu-lagu Daerah Lahat yang berkualitas, untuk selanjutnya dapat direkomendasikan ke OPD terkait guna diikutsertakan pada event-event Lomba yang lebih tinggi. Dan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat luas.

Bagi para pemenang lomba lagu daerah ini nantinya akan diberikan piagam dan piala serta uang Pembinaan.

Kami sebagai Dewan Kesenian Kabupaten Lahat sekaligus penyelenggara kegiatan ini, mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati Lahat, pihak Perusahaan yang telah berkontribusi, seluruh panitia pelaksana dan Bapak/Ibu serta Tamu undangan yang hadir dan juga para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Lomba Lagu Daerah ini.

Lomba Lagu Daerah ini dihadiri langsung oleh Bupati Lahat Bapak Cik Ujang, S.H., Ketua Dewan Kesenian Lahat Bapak Safran, S.Ip dan Anggota, Ketua PKK Kabupaten Lahat Ibu Lidyawati Cik Ujang, S.Hut.M.M., Ketua GOW Lahat Ibu Hj. Sumiati Haryanto. S.Pd, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lahat, Para Kepala OPD, Kabag Setda Lahat, PALMI (Perkumpulan Lahat Musik Industri) Bapak Raden Bambang, dan Para Pelaku Seni dan Penggiat Kesenian Kabupaten Lahat.

Fredy yang biasa dipanggil Mang Boy didampingi Pengurus Pondok Seni Budaya ANANANGUAI Muara Enim Hasdy Sopyan dan Apriansyah (para seniman dan pencipta lagu daerah Muara Enim) menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lahat dalam hal ini Bapak Bupati Lahat Cik Ujang, S.H. dan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Lahat Bapak Safran, S.Ip yang telah mengundang kami dalam Lomba Lagu Daerah ini, Kami merasa bangga dan sangat bersyukur bisa hadir dan bertemu langsung dengan Bapak Bupati Lahat dan rekan-rekan Seniman dan pengurus dari Dewan Kesenian Kabupaten Lahat, kami juga sangat mengapresiasi Bapak Bupati Lahat dan Para Pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Lahat atas terlaksananya kegiatan Lomba Lagu Daerah Lahat ini, karena dengan diadakannya kegiatan Lomba Lagu Daerah ini adalah bukti nyata bentuk Kepedulian Pemerintah Kabupaten Lahat dan Pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Lahat kepada para Penyanyi, Pencipta Lagu Daerah dan khususnya Para Seniman serta Pelaku Seni Budaya yang ada di Kabupaten Lahat. Karena kami lihat masih begitu banyak potensi dan bakat yang dimiliki oleh pelaku kesenian dan para pemuda yang begitu semangat mengikuti Lomba lagu daerah ini. Jadi kami sangat mengapresiasi sekali apa yang telah dilakukan oleh rekan2 Dewan Kesenian Kabupaten Lahat, selain diadakannya lomba lagu daerah ini, juga menjadi wadah bagi para seniman, pelaku seni lainnya untuk dapat terus mengasah dan berkarya dan berkreativitas dalam kegiatan positif ini.

Begitu juga disampaikan oleh Bapak Hasdy Sopyan selaku Seniman Muara Enim, kami melihat kegiatan ini bukan hanya bentuk seremonial saja, namun kegiatan ini bentuk ajang mencari bakat, potensi dan kemampuan bagi para peserta lomba, juga bentuk masih aktifnya Dewan Kesenian yang ada di Kabupaten Lahat.
Harapan saya Selaku Seniman (Pencipta Lagu Daerah) kiranya Dewan Kesenian yang ada di setiap Kabupaten/Kota yang ada di Sumatra Selatan ini, agar terus aktif dan dapat menjalankan program-program yang telah dilakukan, kami juga selaku penggiat seni, ada wadah untuk terus berkarya dan berbuat, agar apa yang kami miliki ini dapat tersalurkan dan berbagi kepada generasi muda.

Dalam sambutannya Bupati Lahat Cik Ujang, S.H., mengucapkan selamat datang kepada para peserta lomba dan tamu yang hadir, Para Kepala OPD, Kabag, Camat, Ketua PKK, Ketua GOW, Ketua DWP lingkup Kabupaten Lahat, rekan-rekan Seni Budaya, insan Pers dan Khususnya Pengurus Pondok Seni Budaya ANANANGUAI Muara Enim yang telah bersedia menghadiri Undangan ini.
Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh Dewan Kesenian Kabupaten Lahat dan pihak Panitia Pelaksana, karena dengan adanya kegiatan ini dapat menjadikan kita dan para generasi muda tetap terus melestarikan kesenian dan budaya yang ada di Kabupaten Lahat, terutama lagu-lagu daerah Lahat, mengasah dan mengembangkan bakat dalam dibidang seni suara.
Saya juga berharap kepada Pengurus Dewan Kesenian dan OPD teknis terkait agar kiranya lagu-lagu daerah Lahat ini bisa didengarkan setiap hari, baik di Hotel, Rumah Makan, tempat wisata dan tempat-tempat lainnya agar lagu-lagu yang ada di Kabupaten Lahat dapat didengar oleh Masyarakat luas. Kiranya lagu daerah ini dapat disesuaikan dengan perkembangan teknologi digital saat ini, baik dari Nada, musik dan sebagainya, diolah sedemikian rupa, namun lagu tersebut tetap mengedepankan unsur khas daerah nya, jangan cuma lagu-lagu sedih, bisa juga dengan lagu-lagu yang bernuansa gembira, semangat dan mengajak sama-sama untuk ikut bernyanyi.
Saya sampaikan kiranya dalam ajang perlombaan ini baik pihak Panitia Penyelenggara dan Dewan Juri, para peserta ini jangan ada titip-menitip untuk menjadi juara, apalagi misalnya ada titipan dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda atau Pejabat lainnya. Silahkan berikan nilai terbaik sesuai kemampuan dan bakat dari Para peserta itu sendiri, junjung sportifitas. Saya juga berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan, namun jangan hanya lomba lagu daerah, coba diadakan lomba marawis, rebana, seni tari dan Kesenian lainnya, agar kegiatan-kegiatan seperti ini selain dilombakan juga kita sama-sama dapat menjaga dan terus melestarikan seni budaya yang ada di Kabupaten Lahat, jangan sampai Kesenian dan Budaya yang dimiliki saat ini tegerus oleh zaman dan waktu. Tutup beliau diakhir kata sambutan sekaligus membuka acara ini secara resmi.

( deni febriando )