Pendidikan

MTs Manba’ul Huda Gelar Pekan Bahasa, Gali Potensi Santri di Bidang Komunikasi, Bahasa, dan Sastra

×

MTs Manba’ul Huda Gelar Pekan Bahasa, Gali Potensi Santri di Bidang Komunikasi, Bahasa, dan Sastra

Sebarkan artikel ini
MTs Manbaul Huda Gelar Pekan Bahasa

Bandung – Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Huda (MTs MH) Kota Bandung menggelar kegiatan Pekan Bahasa MH 2022 pada hari Rabu-Kamis, 28-29 September 2022 kemarin. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan MH setiap tahunnya untuk menyemarakkan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia yang jatuh pada bulan Oktober.

Ketua panitia Pekan Bahasa Manbaul Huda 2022, Diah Hamidah Vitaloka. S. Pd., menjelaskan, seharusnya kegiatan ini digelar pada bulan Oktober.

“Namun, karena pada bulan Oktober ada kegiatan lain. Jadi kegiatan pekan bahasa dimajukan ke bulan September,” ungkap Diah dalam keterangan tertulisnya, Ahad (2/10/2022).

Ia menerangkan, pekan bahasa ini dimaksudkan untuk menggali potensi santri di bidang kebahasaan dan kesastraan. Diantaranya agar santri MH termotivasi untuk menguasai bahasa Indonesia, Asing, dan Daerah.

“Tujuan ini sesuai dengan tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut, yaitu Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing,” ucapnya.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk berlatih dan meningkatkan kualitas diri para santri dalam hal komunikasi, kebahasaan, dan sastra.

“Kegiatan Pekan Bahasa ini diisi dengan 11 macam lomba, yaitu Lomba Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Sunda, Cipta Baca Puisi, Cipta Cerpen dan Ngadongeng di hari pertama,” papar Diah.