Liverpool vs Wolverhampton, Perjuangan Terakhir The Reds

Pemain Liverpool Nabi Keita dan Mohammad Salah. (foto: Istimewa)

Proletarmedia.com – Lanjutan pertandingan terakhir Liga Inggris antara Liverpool vs Wolverhampton Wanderers (Wolves), yang akan berlangsung Minggu (22/05/22). Akan menjadi perjuangan terakhir anak asuh Jurgen Klopp.

Liverpool bersaing ketat dengan sang pemuncak, Manchester City dan harus berjuang sampai pekan ke-38 liga karena kedua tim hanya berselisih satu poin saja.

The Reds yang baru saja menjuarai Carabao Cup dan Piala FA pun wajib meraih tiga poin di pertandingan terakhir mereka, terlepas apa pun hasil yang akan diperoleh Manchester City nantinya.

Tiga poin adalah perjuangan serta ikhtiar terbaik sang manager Jurgen Klopp dan para pemainnya demi meraih gelar juara Liga Inggris lagi.

Dua trofi Liga Inggris pun kabarnya sudah dipersiapkan di laga Liverpool dan Manchester City yang digelar secara bersamaan.

Akan tetapi, Jordan Henderson nanti akan mengangkat trofi replika apabila Liverpool memenangkan gelar.

Sementara itu, trofi asli akan berada di markas Manchester City bersama salah satu petinggi Premier League, Richard Masters.

Liverpool sendiri harus menjalani jadwal super padat dalam perburuan quadruple mereka musim ini. Jurgen Klopp juga terlihat melakukan sedikit rotasi pada susunan pemainnya melawan Southampton tempo hari.

Bukan tidak mungkin Klopp juga akan melakukan hal serupa melawan Wolves akhir pekan nanti. Apalagi pemain seperti Mohamed Salah dan Virgil van Dijk sempat cedera saat final Piala FA lalu.

Meski menurunkan beberapa pemain lapis dua kontra Southampton, The Reds masih bisa menang tipis 2-1 lewat pemain kuda hitamnya, Takumi Minamino, ditambah satu gol dari Joel Matip.

Berikut beberapa skenario dalam perebutan gelar juara:

Manchester City akan menjadi juara Liga Inggris bila:

Bila mereka menang Aston Villa.
Bila mereka seri saat melawan Aston Villa dan Liverpool gagal menang vs Wolves.
Bila mereka kalah dari Aston Villa dan Liverpool juga dikalahkan Wolves.
Bila mereka kalah dengan selisih skor lebih kecil dari 6 dan dalam laga lain Liverpool hanya bermain imbang.

Liverpool akan juara Liga Inggris bila:

Bila mereka menang atas Wolves dan Manchester City gagal menang vs Aston Villa.

Skenario Playoff:
Ada skenario lain dalam perebutan gelar, yang cukup ekstrim dan peluangnya dianggap kecil, yakni Man City dan Liverpool harus bertemu untuk memperebutkan gelar juara dalam sebuah pertandingan playoff.

Skenario ini akan terjadi bila Man City kalah 0-6 dari Aston Villa dan Liverpool bermain imbang 5-5 dengan Wolves. Hasil tersebut akan membuat kedua tim menyelesaikan musim dengan 90 poin, selisih gol, dan rekor head-to-head yang identik.

Pasukan Pep Guardiola dan Jurgen Klopp akan finis dengan selisih gol 66, mereka sama-sama mencetak 96 gol, dan dua pertandingan liga antara kedua tim berakhir dengan skor 2-2. Bila hal ini terwujud, aturan Premier League menyatakan bahwa playoff akan digunakan untuk menentukan juara.(**)