Berita

Hadiri Sedekah Desa, Anggota DPRD Banyuasin Endang Sari Apresiasi Warga Sejagung Rawat Tradisi Leluhur

×

Hadiri Sedekah Desa, Anggota DPRD Banyuasin Endang Sari Apresiasi Warga Sejagung Rawat Tradisi Leluhur

Sebarkan artikel ini


Rantau Bayur – Banyuasin, Proletarmedia.com – Anggota DPRD Banyuasin Endang Sari SE, menghadiri acara sedekah pedusunan di Desa Sejagung Kecamatan Rantau Bayur Banyuasin, Selasa (21/03/23).

Kegiatan yang digelar setiap tahun ini, sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan untuk masyarakat Desa Sejagung.

Kegiatan sedekah ini dipimpin langsung Kepala Desa Sejagung Azhar Muslimin dan tokoh adat setempat.

Terlihat masyarakat berbondong-bondong mengikuti acara rutin sambil menikmati menu sajian yang telah disiapkan panitia.

Dalam sambutannya Anggota DPRD Banyuasin Endang Sari SE mengatakan, adat sedekah pedusunan ini sepatutnya terus dijaga dan dilestarikan karena dapat menumbuhkan semangat kebersamaan di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Apalagi di zaman modern ini, adat yang masih bisa bertahan itu sudah sangat sedikit sekali, maka adat sedekah pedusunan ini harus terus dilestarikan sampai kapanpun,” ujar politisi PKB ini.

Ia menilai, acara sedekah pedusunan ini memiliki nilai yang tinggi yakni bagaimana seorang muslim selayaknya bergembira ketika menyambut Ramadan.

“Di dalam acara sedekah pedusunan ini juga ada bacaan dan doa sehingga diharapkan dalam menjalankan puasa dan melakukan kegiatan cocok tanam padi ada keberkahan dan kemudahan,” kata dia.

Selain itu juga diharapkan semua masyarakat desa Sejagung dapat diberikan kesehatan, murah rezeki dan hasil panen yang berlimpah kedepannya.

“Ketika bercocok tanam nanti diberikan kemudahan dan kelancaran sehingga hasil panen dapat berlimpah dan berkah,” harapnya.

Ditambahkan Kepala Desa Sejagung Azhar berharap dengan adanya sedekah ini dapat memupuk jalinan silahturahmi antara masyarakat.

Selain itu memohon doa agar Desa Sejagung dapat dijauhkan dari segala balak bencana dan musibah serta diberikan kesehatan dan rezeki yang berkah.

“Apalagi sebentar lagi bulan puasa. Ramadan merupakan bulan yang suci, yangmana mereka harus bertaubat sekaligus berharap keselamatan dan keberkahan,” pungkas dia.