Berita

Capaian PUTR : Tiga Tahun Pimpin OKU Timur, Enos Berhasil Bangun Jalan 736,73 Kilometer

×

Capaian PUTR : Tiga Tahun Pimpin OKU Timur, Enos Berhasil Bangun Jalan 736,73 Kilometer

Sebarkan artikel ini


OKU Timur – Tak terasa, hampir 3 tahun Kepimpinan Bupati OKU Timur Lanosin berjalan. Pemerataan pembangunan di daerah lumbung pangan dari perbatasan hingga ke kota tak henti dilakukan. Namun masih banyak tugas yang belum selesai. Harapan masyarakat menikmati infrastruktur jalan dan jembatan yang layak diemban Dinas PUTR kedepan.

Pada bidang jembatan dan jalan, Dinas PUTR menjalankan visi misi Bupati OKU Timur Lanosin dengan membangun infrastruktur hingga tersambung ke pusat pusat produksi untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi daerah.

Pada tahun 2021, dari 141 unit jembatan yang ada di Kabupaten OKU Timur, sebanyak 120 unit jembatan dalam kondisi mantap (baik dan sedang). Perbaikan jembatan terus digenjot agar akses produksi pertanian maupun perkebunan berjalan lancar untuk meningkatkan perkenomian daerah, hingga pada tahun 2022, kondisi jembatan dalam kondis baik sebanyak 135 unit.

Begitupun juga pembangunan infrastruktur jalan, sangat masif dan konsisten di era kepemimpinan Bupati OKU Timur Lanosin bertujuan untuk meningkatkan konektivitas (jalan desa – kecamatan – kabupaten – propinsi) serta sebagai penunjang aktivitas ekonomi. Hingga saat ini, dari 932,57 km jalan kabupaten, total jalan yang sudah dibangun dalam kondisi baik sepanjang 736,73 km atau 79 persen. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKU Timur juga sangat tinggi.

“Ketersediaan infrastruktur yang handal merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung kegiatan ekonomi maupun pertumbuhan dunia usaha, sehingga berdampak pada pengurangan pengangguran, mengentaskan kemiskinan dan tentunya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Ini yang selalu ditekankan oleh Bupati, agar infrastruktur yang dibangun bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” ungkap Kadis PUTR OKU Timur, Ir. Aldi Gurlanda, ST MM Selasa (25/7/2023).

Di tahun 2023 ini, pembangunan infrastruktur jalan juga akan terus dilakukan. Mengingat masih ada ruas jalan yang dinilai strategis namun masih perlu untuk dilakukan pembangunan maupun perbaikan.

pembangunan jalan yang gencar terus dilakukan, salah satu tujuannya, untuk membuka akses transportasi menjadi lebih mudah. Dengan demikian nantinya bisa mendorong perekonomian masyarakat dan sektor lainnya untuk berkembang.

“Masih banyak yang menjadi PR kita, oleh karena itu tahun ini kita akan teruskan pembangunan. Baik itu jembatan maupun jalan, bahkan kita juga sudah prioritaskan pembanguan ruas jalan di Belitang menuju akses jalan tol,” katanya.