Berita

Bupati dan Wabup Banyuasin Hadiri Syukuran HBA ke-63

×

Bupati dan Wabup Banyuasin Hadiri Syukuran HBA ke-63

Sebarkan artikel ini


BANYUASIN, PROLETARMEDIA.COM – Bupati Banyuasin H. Askolani SH MH, dan Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH didampingi Sekretaris Daerah Banyuasin, Ir. Erwin Ibrahim, ST MM MBA menghadiri acara Syukuran Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63 Tahun sekaligus HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-23 Tahun 2023, yang berlangsung di Aula Kejaksaan Negeri Banyuasin Sabtu (22/7/2023).

Syukuran ini merupakan salah satu acara puncak perayaan HBA yang diselenggarakan oleh Kejari Banyuasin, setelah sebelumnya menggelar berbagai kegiatan mulai dari kegiatan sosial hingga berbagai perlombaan olahraga.

Bupati Banyuasin dalam sambutannya mengatakan, bakti seluruh insan Adhyaksa sangat dibutuhkan rakyat Indonesia, yakni bakti menegakkan hukum, bakti menjunjung keadilan, dan bakti untuk kemajuan Indonesia. Lalu, lanjut dia, kewenangan Kejaksaan sangat besar yang meliputi penyidikan, penuntutan, perampasan dan pengembalian aset dan kewenangan lainnya. Oleh karenanya, kewenangan besar itu harus dimanfaatkan secara benar, profesional dan tanggung jawab.

“Atas nama Pribadi dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengucapkan selamat Hari Adhyaksa, kepercayaan masyarakat harus dipertahankan dan ditingkatkan dengan kinerja semakin baik, melalui kerja-kerja sistematis dan terlembaga, serta melakukan transformasi terencana dan komprehensif di Bumi Sedulang Setudung,” ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi atas kerja keras, cerdas dan ikhlas kinerja yang dilakukan Kejaksaan dalam pengembalian kerugian negara yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Dirinya berharap Kejaksaan mampu terus meningkatkan kinerjanya dan memperoleh kepercayaan masyarakat yang tinggi.

“Teris tingkatkan efektivitas kerja, digitalisasi, mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi, mempermudah akses masyarakat pada pelayanan hukum, meningkatkan keterbukaan informasi, serta responsif menangani laporan-laporan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Banyuasin Agus Widodo, SH MH mengatakan, Hari Bhakti Adhyaksa merupakan momentum bersama untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas semua yang telah dikerjakan selama setahun terakhir dan menyusun strategi guna mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

“Sebelum puncaknya pada hari ini kita juga sudah menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyemarakkan HBA ini, mulai dari donor darah, santunan, olahraga dan sebagainya, sebagai penyemarak menyambut HBA ke-63 ini,” jelasnya.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh jajaran dalam meningkatkan citra institusi, sehingga masyarakat mampu merasakan kehadiran negara dalam setiap problematika hukum. Menurut Kajari, kepastian hukum yang humanis adalah penegakan hukum yang dilakukan dengan memperhatikan keadaan sekitar dan memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara proporsional,

“Oleh karena itu seluruh aparat penegak hukum harus senantiasa menempa keterampilan hukum dan nilai-nilai keadilan, agar hukum yang adil dapat ditegakan dengan sempurna,” pungkasnya.

Diketahui, dalam acara puncak peringatan HBA ini juga dilaksanakan tes urin seluruh pegawai Kejari Banyuasin yang dikomandoi langsung oleh Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Banyuasin Drs. H. M. Yusuf, M.Si.

Turut hadir, Ketua DPRD Banyuasin, Dandim 0430 Banyuasin, Kapolres Banyuasin, Segenap Pengurus IAD Banyuasin, dan Sejumlah Kepala OPD lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuasin.