Berita

Bupati Banyuasin Lepas 45 Peserta Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) Ke-XVI di Kota Padang

×

Bupati Banyuasin Lepas 45 Peserta Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) Ke-XVI di Kota Padang

Sebarkan artikel ini


BANYUASIN, PROLETARMEDIA.COM – Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH Lepas 45 Peserta Kabupaten Banyuasin dalam rangka pelaksanaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (PENAS KTNA) Ke-XVI yang akan diselenggarakan di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 10-15 Juni 2023 mendatang

Sebelum bertolak menuju Kota Padang, para kontingen Penas KTNA XVI tersebut dilepas oleh Bupati Banyuasin H.Askolani yang didampingi oleh Sekda Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA, Wakil Ketua DPRD Banyuasin/ Ketua KTNA Banyuasin Sukardi dan OPD Lainya, Kamis (08/06/2023).

Penas KTNA merupakan forum pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi dan informasi kontak tani selaku pelaku utama dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan atau pelaku usaha.

Dalam sambutannya, Bupati H.Askolani berterima kasih kepada Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sarif beserta jajaran yang telah mempersiapkan dengan baik para kontingen yang akan berangkat menuju event tersebut.

“Pelaksanaan PENAS KTNA itu adalah untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani-nelayan dan masyarakat
pelaku agribisnis. Secara khusus kegiatan ini hendaknya mempunyai tujuan meningkatkan
kepemimpinan dan kemandirian KTNA untuk menguatkan kelembagaan KTNA, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, meningkatkan jiwa wirausaha dan kesadaran terhadap lingkungan”, jelasnya.

Bupati H.Askolani juga berharap agar para kontingen dapat menjaga nama baik Kabupaten Banyuasin serta bisa membawa pulang berbagai hal positif yang nantinya dapat bermanfaat serta menjadi inovasi bagi para peserta di masa yang akan datang.

“untuk itu Saya meminta kepada seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan
itu, agar bersungguh-sungguh dalam
mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, sehingga apa yang diperoleh pada kegiatan it baik pengetahuan maupun keterampilan termasuk akses kerjasama bisnis, dapat meningkatkan percepatan pembangunan pertanian dalam arti luas di Sumatera Selatan terkhusus di Kabupaten Banyuasin yang kita cintai, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan”, Ajaknya.

“Pemerintah Daerah sangat mengharapkan para Kontingan untuk dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya, serta bersinergi dengan utusan dari Kabupaten lain untuk mengembangkan jaringan informasi, jaringan persahabatan dan kemitraan demi membangun Kabupaten Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera ,” pungkasnya.

Kontingen yang terdiri dari 45 orang ini diambil dari setiap Kecamatan dan akan mengikuti berbagai kegiatan pada Penas KTNA XVI seperti pameran, rembug utama, karya wisata, pengembangan digitalisasi dan jaringan informasi agribisnis, temu wicara dengan Presiden dan para Pejabat Tinggi Negara, temu sukses petani, nelayan dan penyuluh, sampai dengan temu mitra ASEAN dan petani ASEAN.