Berita

Bupati Askolani Tinjau Langsung Bantuan Pangan Untuk Masyarakat Kabupaten Banyuasin

×

Bupati Askolani Tinjau Langsung Bantuan Pangan Untuk Masyarakat Kabupaten Banyuasin

Sebarkan artikel ini


BANYUASIN, PROLETARMEDIA.COM – Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH.,MH bersama Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet Somosentono, SH meninjau secara langsung proses penyerahan bantuan pangan kepada masyarakat Banyuasin oleh Badan Pangan Nasional RI bertempat di Kantor Post Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin lll, Selasa (20/6).

Pada kesempatan ini, Bupati Askolani menjelaskan bahwa berdasarkan rapat internal Presiden RI pada tanggal 2 Maret 2023 mengenai kebijakan bantuan sosial dalam bentuk beras dan surat Kepala Badan Pangan Nasional nomor : 82/TS.03.03/K/3/2023 tentang penyaluran cadangan pangan pemerintah dalam rangka pemberian bantuan pangan, waktu dan durasi pelaksanaan bantuan pangan beras tersebut dilaksanakan selama 3 bulan yaitu alokasi bulan Maret, April, dan Mei 2023.

“Tentunya bantuan pangan ini untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan dan sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk sehingga melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan dampak inflasi atau fluktuasi harga,” katanya.

Dilanjutkan orang nomor satu di Bumi Sedulang Setudung, alokasi bantuan yang diberikan setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) memperoleh bantuan sebanyak 10kg/KPM/bulan dengan kualitas beras jenis medium, PT Pos Indonesia sebagai transporter bertanggung jawab menyampaikan bantuan pangan tersebut kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Kami bisa pastikan bantuan ini akan langsung didistribusikan tepat sasaran dan masing-masing KPM mendapatkan 10 kg beras, saluran bantuan pangan ini sesuai data yang telah ditetapkan untuk masyarakat sebagai keluarga penerima manfaat,” ujar Bupati dengan tegas.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banyuasin, Masita Liana, SP menyampaikan jumlah sasaran keluarga penerima manfaat di Kabupaten Banyuasin sebanyak 58.267 KPM dengan jumlah beras sebanyak 582.670 kg beras yang tersebar pada 21 Kecamatan, sedangkan untuk Kecamatan Banyuasin lll mendapatkan bantuan pangan tersebut sebanyak 3.835 KPM yang tersebar dari 21 Kelurahan dan Desa.

“Melalui program ini diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat. Sehingga bantuan pangan yang telah diberikan dapat mengurangi kerawanan pangan kemiskinan dan gizi buruk. Saya yakin masyarakat akan sangat senang dan bahagia menerima bantuan ini sebanyak 10kg,” ujarnya.

Turut hadir Kadis Dinsos Alamsyah Rianda, M.SI, Kadis Inspektorat Ir. Zakirin, SP.,MM, Kapolsek Pangkalan Balai IPTU Samingun, Camat Banyuasin lll Santo, S.Sos.,M.SI, Direktur BUMN Sei Sembilang Heriyadi Yusuf, SP, Kabid Keamanan Ketahanan Pangan Andi Wijaya, SH.,MH, Kepala PT Pos Indonesia KCP Pagkalan Balai Heri Budianto, Para Lurah, Para Kades, Para Penerima Bantuan.