Berita

Alimuhar St.Tunaro Lepas 9 ribu Bibit Lele di Talago Pulai

×

Alimuhar St.Tunaro Lepas 9 ribu Bibit Lele di Talago Pulai

Sebarkan artikel ini


Simawang – Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten tanah datar menyerahkan sebanyak 9 ribu-an bibit ikan lele beserta pakan ikan kepada kelompok pembudi daya ikan ”Maju Bersama” talago pulai, jorong koto gadang nagari simawang kecamatan rambatan kabupaten tanah datar provinsi sumatera barat pada Rabu (25/10/23) sekira pukul 10:00 WIB.

Kegiatan serah terima bibit ikan lele ini di hadiri langsung oleh kepala dinas kelautan dan perikanan kabupaten tanah datar Suhermen beserta rombongan.

Selain itu juga tampak hadir anggota DPRD kabupaten tanah datar Alimuhar Sutan Tunaro, Wali Nagari Simawang Firman Malin Panduko, Wali Jorong Koto Gadang, Babinsa Nagari Simawang dan anggota Kelompok pembudi daya ikan talago pulai “Maju Bersama”.

anggota DPRD kabupaten tanah datar Alimuhar Sutan Tunaro dalam sambutannya menyampaikan bahwa budi daya ikan dengan menggunakan kolam terpal ini merupakan salah satu solusi jika ingin beternak di lahan yang terbatas.

“Dibandingkan dengan biaya pembangunan kolam dari semen atau lainnya, budidaya ikan lele di kolam terpal tentunya mengeluarkan biaya yang lebih sedikit”,terangnya.

Lebih lanjut Disampaikan Alimuhar Sutan Tunaro bahwa Kelebihan lain dari beternak di kolam terpal yaitu ikan akan tampak lebih bersih serta berkualitas, lebih aman dari pemangsa liar, dan untuk perawatannya lebih mudah.

“Banyak yang telah menerapkan budidaya ikan lele di kolam terpal, dan jika suatu saat Budidaya ikan Lele Terpal di talago pulai ini berhasil, nantinya bisa dikembangkan ke talago / embung lainnya yang ada di nagari simawang”,Harapnya.

Lebih lanjut Alimuhar menerangkan. Bahwa Sebelumnya kelompok pembudi daya ikan talago pulai ”Maju Bersama” telah mlelakukan tiga kali budi daya dengan cara ikan dilepas lansung ke telaga/embung namun tidak membuahkan menghasilkan.

“Mudah mudahan dengan mempergunakan media kolam terpal yang memanfaatkan air talago pulai, maka budi daya ikan Lele akan membuahkan hasil”,pungkasnya.

Sementara itu Suhermen selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten tanah datar menyampaikan bahwa Tujuan Budi daya ikan lele dengan media kolam terpal ini adalah untuk menghemat lahan.

“Dengan menggunakan lahan yang terbatas, maka kelompok budi daya ikan akan mudah melakukan pengelolaan serta mengawasi nya di bandingkan dengan pengelolaan lahan kolam yang berjauhan dari sisi ke sisi”,tuturnya.

Selain itu Kadis juga berpesan bahwa Sistim budi daya kolam terpal yang di laksanakan sekarang ini sangatlah membantu terhadap pengelolaannya,

“Jadi yang kita kelola ini butuh perhatian, butuh kasih sayang dan butuh keseriusan serta tidak bisa di jadikan kegiatan yang bersifat sambil sambilan,intinya dalam pengelolaan kita harus fokus”, ujar kadis menegaskan.

“Mudah mudahan anggota kelompok akan tertarik untuk melakukan pengelolaan budi daya ikan kolam terpal seraya berharap kepada kelompok “Maju Bersama” akan menambah kesejahteraan kelompok dan akan menambah pendapatan ekonomi kelompok”, pungkas kadis.

Di tempat yang sama Heri selaku ketua kelompok budi daya ikan ”Maju Bersama” talago pulai menerangkan. Bahwa Sebelum kegiatan pengelolaan budi daya ikan media kolam terpal ini kami telah melakukan tiga kali budi daya ikan pada embung/talago pulai namun tidak menghasilkan,

“Setelah adanya sosialisasi dari dinas kelautan dan perikanan budi daya ikan menggunakan kolam terpal maka kelompok “Maju Bersama” akan mengerahkan semua daya dan upaya”, jelasnya.

Begitu juga karena terbatasnya dana untuk pembuatan kolam dan binih ikan maka kami berinisiatif untuk mengajukan Proposal bantuan kepada DPRD kabupaten tanah datar melalui Bapak Alimuhar Sutan tunaro dan alhamdulilah di Respon Positif sehingga pada hari ini kolam terpal dan benih ikan lele terwujud.

“Kedepannya kami kelompok “maju bersama” akan menuruti anjuran dan arahan dari dinas kelautan dan perikanan untuk menyediakan Balai-balai sebagai keperluan dalam hal penyimpanan pakan ikan dan juga peralatan lainnya sekaligus untuk bermusawarah dengan anggota kelompok budi daya ikan ” Maju Bersama”, Pungkas Eri Menambahkan.(*/Dedi)